Takbiran di Jerman

Frankfurt – Tidak seperti di Indonesia, dimana malam lebaran selalu ramai dengan gema takbir dan bunyi petasan, di Jerman kami harus berbesar hati mendengarkan gema takbir via Y*utub*. Tapi bagaimanapun itu tidak mengurangi kehikmatan. Dalam suasana seperti ini, berkumpul dengan teman-teman se-Indonesia akan menjadi momen yang membahagiakan.

Sholat Ied di Mainfeld, Frankfurt

Sholat Ied di Mainfeld, Frankfurt (Foto: Kurniawan, 2013)

Beberapa masjid menyelenggarakan sholat Ied di Giessen. Kami masyarakat Indonesia, biasanya lebih memilih sholat Ied bersama organisasi Masyarakat Muslim Indonesia e.V. dan KJRI Frankfurt. Alhamdulillah, Bruedern und Schwestern (Saudara dan Saudari) dari Jerman, Malaysia, Thailand dan Myanmar, juga berhadir. Jemaah akan lebih banyak jika Idul Fitri bertepatan dengan hari libur.

Bagaimana pun juga, sholat Idul Fitri adalah momen yang penuh keharuan. Saat kerinduan yang membuncah untuk sekedar sungkem kepada orang tua terpaksa ditahan di dalam hati. Kami hanya bisa berbagi kerinduan dengan bapak/ibu dari MMI yang kami anggap sebagai orang tua kami.

Setelah sholat Ied, kembalilah kami ke aktivitas masing-masing. Suasana lebaran tidak akan terasa lagi sesaat setelah kami meninggalkan lokasi sholat Ied. Satu hal yang pasti setelah ini, berkomunikasi dengan keluarga tercinta via Skyp*, menghaturkan beribu maaf dan memohon doa restu agar dapat kembali ke tanah air secepatnya.

Menikmati masakan Indonesia saat Lebaran adalah suatu kemewahan

Menikmati masakan Indonesia saat Lebaran adalah suatu kemewahan. Trims untuk Eli Yermia dkk (Foto: Kurniawan, 2013)

 Taqaballahu minna wa minkum

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s