Hal-hal yang ditakuti orang Jerman

Giessen – Setiap orang memiliki hal-hal yang ditakuti. Demikian pula dengan orang Jerman. Secara umum, orang Jerman takut dengan masa depannya (Zukunftsangst). Berikut ini hal-hal yang ditakuti orang Jerman:

  • Kemajuan teknologi informasi

Jerman sangat terkenal dengan kemajuan teknologi, termasuk teknologi informasinya. Tapi siapa sangka mereka takut dengan perkembangannya, terutama perusahaan-perusahaan big tech seperti Google dan Facebook. Aplikasi perusahaan-perusahaan ini dipakai hampir setiap orang. Tapi siapa yang mengawasi perusahaan tersebut untuk memastikan tidak ada pencurian data pribadi dan menjualnya ke e-marketer, misalnya?

  • Sepakbola

Setelah euforia kemenangan Jerman di Piala Dunia 2014, sepertinya timnas Jerman mengalami kemunduran. Kekalahan yang tak disangka dari Polandia dan diikuti hasil seri melawan Irlandia membuat ketakutan tersendiri di benak masyarakat Jerman. Mampukan Jerman menghadapi lawan-lawan tradisionalnya, seperti Spanyol dan Italia? Mampukah mereka berjaya di Euro Cup 2016 dan mempertahankan tropi di World Cup 2018?

  • Rusia

Setelah sekian lama memiliki hubungan yang baik dengan Rusia, akhirnya Jerman harus bersikap berseberangan menyangkut krisis Ukraina. Jadi, apa konsekuensi ke depan mengingat hampir 40 persen kebutuhan gas alam Jerman dipasok oleh Rusia?

  • Uang pensiun yang mengecil

Saat ini demografi Jerman mengalami perubahan dimana populasi warga yang berusia lanjut makin besar sementara kelahiran makin turun. Ke depannya, warga yang berusia lanjut ini harus ditanggung oleh tenaga kerja yang semakin sedikit yang berujung pada pelemahan ekonomi. Akibatnya uang pensiun akan mengecil ditambah dengan diperpanjangnya usia pensiun dari 63 menjadi 67 tahun. Permasalahan pensiun merupakan isu yang diangkat setiap menjelang Pemilu di Jerman.

  • Pengawasan

Bangsa Jerman pernah mengalami tidak nyamannya hidup di bawah bayang-bayang pengawasan yang ketat dari negara, terutama di Jerman Timur. Saat ini kembali warga di Jerman di bayang-bayangi dugaan bahwa pemerintah telah mengawasi warga negaranya sendiri melalui email dan sosial media, dengan alasan perang terhadap terorisme.

  • Ekonomi yang melemah

Ya, setelah Yunani, saat ini Italia dan Perancis sedang mengalami stagnasi ekonomi. Jerman takut bahwa hal ini akan berimbas pada menurunnya volume ekspor dan berlanjut ke melambatnya pertumbuhan ekonomi Jerman.

  • Kesejahteraan imigran

Jerman merupakan salah satu tujuan favorit bagi imigran dari daerah konflik karena stabilitas dan jaminan sosialnya. Kebanyakan imigran memiliki masalah kemiskinan, dan Jerman bertanggung jawab untuk menyejahterakannya. Hal ini menjadi beban bagi pembayar pajak Jerman. Sehingga muncul slogan “kami bukan penyedia kemakmuran bagi dunia”.

  • Neo-Nazis

Secara umum, orang Jerman alergi jika disinggung soal Perang Dunia II. Akibat apa yang terjadi selama Perang Dunia II membuat masyarakat Jerman menjadi pesakitan Eropa dan dicap sebagai bangsa xenophobic sekian lamanya. Pelarangan National Democratic Party (NPD) yang berhaluan kebangsaan yang ekstrim menimbulkan perdebatan dikaitkan dengan bangkitnya Neo-Nazis.

  • Inflasi

Pencetakan uang yang tidak terkontrol di awal 1920an membuat Jerman mengalami hyper-inflasi di tahun 1924, yang kemudian memicu lahirnya Nazi. Belajar dari sejarah ini, Jerman ragu untuk kembali ke Eurobonds karena kekhawatiran bahwa Bank Sentral Eropa (ECB) akan mencetak uang untuk membeli obligasi pemerintah dan menyebabkan inflasi.

Cerita tentang hyper-inflasi, bisa dilihat di sini.

  • Fracking

Ketergantungan terhadap gas dari Rusia membuat pemerintah Jerman mempertimbangkan untuk memperluas produksi gas alam dalam negeri dengan proses fracking. Fracking adalah proses injeksi cairan bertekanan tinggi pada lapisan batuan dalam untuk mengekstrak minyak bumi atau gas alam. Hal ini menimbulkan ketakutan bahwa fracking akan mencemari air minum dan lingkungan. Selama ini moratorium untuk penambangan gas alam masih berlaku di Jerman.


Sumber:
http://www.thelocal.de/20141015/11-things-germans-are-afraid-of

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s