Pengajian Pemuda Ganteng sponsori Bukber di Masjid Indonesia Frankfurt

“Barangsiapa yang memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun” (HR. At Tirmidzi)

Frankfurt am Main – Jika biasanya mahasiswa berburu takjil lewat PPT, maka kali ini (23.06.2016) mahasiswa yang tergabung dalam PPG (Pengajian Pemuda Ganteng) Giessen menjadi sponsor buka bersama di Masjid Indonesia Frankfurt. Ini sekaligus unjuk kemampuan mahasiswa dalam mengorganisir sekaligus menyiapkan menu buka puasa bagi seluruh jamaah masjid.

Beberapa gugus tugas pun segera terbentuk secara sukarela. Tim Alpha dipimpin oleh chef Danang (Uni Marburg) dan chef Adit (Uni Marburg) didaulat untuk menyiapkan menu utama buka puasa berupa ayam bakar dan lalapan. Tim Beta dipimpin chef Jamaal (JLU Giessen) bertanggung jawab menyiapkan nasi biryani dan peralatan di Frankfurt. Tim Gamma dipimpin oleh chef Dayat (THM Giessen) menyiapkan kue dan penganan. Tim-tim ini akan diback-up Tim Rakan, Radit, dan Ardi dan lain lain yang mengurus logistik dan transportasi.

Acara buka puasa diawali dengan tadarus Al-Qur’an, dan dilanjutkan dengan Kultum oleh Ust. H. Aidil Heryana dari Jawa Barat. Kemudian dilanjutkan dengan buka puasa, sholat magrib dan makan bersama. Sebagian melanjutkan sholat tarawih dan i’tikaf.

20160623_211823

Tadarus yang biasanya di Indonesia dilakukan setelah terawih, di Jerman dilakukan sebelum berbuka karena selesainya sholat tarawih sudah terlalu larut malam. Sholat Isya dan terawih biasanya dimulai pada pukul 23.00 CEST (Foto: Kurniawan, 2016).

20160623_212649 Ust.Aidil Heriyana

Kultum oleh Ust. H. Aidil Heryana dari Jawa Barat yang kebetulan sedang melawat ke Eropa, mengajak kita untuk intropeksi. Apakah puasa kita yang hampir 2/3 bulan ini sudah bernilai ibadah? Apakah puasa kita yang 19 jam ini lebih baik dibandingkan dengan saudara kita di Indonesia, ataukah lebih buruk karena banyak hal yang tak pantas dilihat di Jerman? (Foto: Kurniawan, 2016)

20160623_220129

Akhirnya sekitar pukul 21.45 CEST, buka puasa pun sampailah. Setelah sholat Magrib berjamaan, kita pun menikmati hidangan: nasi goreng, nasi biryani, dan ayam bakar (Foto: Kurniawan, 2016)

20160623_222658

Ramah tamah sebelum sholat Isya pukul 23.00 CEST (Foto: Kurniawan, 2016)

Alhamdulillah… kurang lebih 40 jamaah berkenan hadir termasuk 10 jamaah yang ber-i’tikaf di masjid malam itu.

Semoga apa yang semua rekan-rekan PPG lakukan mendapat ridho Allah SWT, dan kita semua jamaah masjid menjadi saksi atas hal itu.

Advertisements

2 thoughts on “Pengajian Pemuda Ganteng sponsori Bukber di Masjid Indonesia Frankfurt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s