“Amankah” menginstal software bajakan di Jerman?

Giessen an der Lahn – Diantara hal-hal yang sering ditanyakan soal Jerman selain cara mendapatkan beasiswa dan studi di Jerman adalah soal mendownload dan menginstal software bajakan.

Amankah menginstal software bajakan di laptop/PC?

Jawabannya ya…, tidak aman 100%.
Terus seberapa persen aman?
Tidak ada yang tahu.

Kita tahu bahwa mendownload dan menginstal software bajakan adalah tindakan melanggar hukum. Pelakunya akan diganjar denda yang sangat tinggi sampai ribuan euro. Kita juga tahu kenapa sebagian dari kita memilih menggunakan software bajakan.

Sebelum menginstal software bajakan, terlebih dulu tanyakan pada diri sendiri, apakah kita sanggup menerima resikonya? Jika ketahuan produsen software-nya, denda yang musti dibayar lumayan tinggi.

Kemudian, seberapa daruratnya sehingga software itu mesti diinstal? Apakah ada alternatif software lain yang gratis (free)?
Jika itu berupa game, apakah sebanding dengan resikonya?

Jika  software untuk mengolah data (atau untuk pendidikan), apakah universitas/department/institute memiliki lisensinya?
Jika tidak dan terpaksa menginstalnya, yah… paling-paling kalau ketahuan sama kolega cuma disenyumin.

Kemudian, seberapa agresifnya produsen software mengejar pembajak dan pengguna software bajakan?
Jika produsennya agresif, lebih baik jangan.

Apakah ada pemeriksaan (baik online dan offline) terhadap laptop/PC kita?

Ini tergantung keagresifan produsen software dalam memburu pembajak. Di bandara memang beredar cerita pemeriksaan offline pada laptop. Tapi ini sangat jarang sekali terjadi dan biasanya hanya sebagai shock therapy. Ceritanya juga cenderung berlebihan sehingga cenderung hoax. Tetapi dengan adanya ancaman terorisme, mungkin akan ada pemeriksaan laptop di kemudian hari… Entahlah.

Bagaimana dengan pemeriksaan online?
Memang ada rumor. Tetapi sepanjang yang saya ketahui, tidak ada. Paling-paling hanya peringatan bahwa lisensinya invalid dan diminta untuk memperbaharui/mengganti dengan lisensi yang legal saja. Tapi saya tidak tahu untuk games terbaru dan populer.

Bagaimana dengan mendownload item bajakan?

Menggunakan torrent adalah hal yang ilegal di Jerman. Titik. Jadi jangan menggunakannya, kecuali punya VPN yang  bagus. Itu juga tidak menjamin tidak akan ketahuan.

Seperti di atas, petimbangkan dulu sebelum mendownload. Apakah setara dengan resikonya? Apakah tidak ada alternatif lain?

Kenali dulu produsen software-nya, apakah termasuk agresif mengejar pembajak atau tidak. Produsen software/film/game/lagu yang terkenal biasanya memiliki perwakilan atau lawyer di Jerman. Mereka  ini memiliki akses untuk melihat IP address pendownload bajakan dari software, lagu, game dan film yang diproduksi kliennya. Selanjutnya, lawyer akan mengirimkan surat tagihan denda ke alamat pengguna IP address tersebut. Lawyer ini hanya melihat item bajakan dari produsen yang menjadi kliennya saja. Jadi, produsen yang masa bodoh apakah produknya dibajak atau tidak biasanya tidak mempermasalahkan hal ini.

Bagaimana jika kita menerima tagihan denda karena mendownload item bajakan?
Pertama-tama, pastikan bahwa surat denda itu asli dan bukan penipuan (scamming). Mendatangi balai kota (Burgeramt) dan polisi adalah langkah yang tepat untuk memastikan keaslian surat. Tenang…, kamu tidak akan ditangkap polisi (kecuali jika kamu tidak mau membayar denda di kemudian hari).
Jika ternyata suratnya asli, carilah pengacara yang bagus. Siapa tahu bisa mengurangi denda atau bahkan dihilangkan.
…… and Good Luck…!

Bagaimana dengan streaming film bajakan?

Streaming masih menjadi area yang abu-abu di Jerman. Memang, men-download, menyimpan, dan menyebarkan film bajakan adalah tindakan yang ilegal. Tetapi streaming tidak bisa diartikan mendownload karena streaming hanya melakukan cache dan menyimpan sementara di memori, bukan di hardisk. Tapi, menyebarkan streaming link di medsos merupakan tindakan ilegal.

Tapi ada penyedia streaming yang menyisipkan torrent. Dan ini adalah streaming yang ilegal.

Streaming memang masih abu-abu dan pemerintah Jerman sendiri masih mempertimbangkan untuk melakukan regulasi untuk kegiatan ini. Ada rumor bahwa ke depannya, streaming film bajakan termasuk tindakan ilegal.

Oh ya, ada diskusi di internet, streaming (dan/atau men-download) film-film Hollywood lebih beresiko dibandingkan anime dan drama korea/jepang. Ini karena produsen besar film Hollywood lebih agresif mengejar pembajak. Sedangkan produsen anime/drakor terlihat membiarkan saja atau hanya mengejar penyedia streaming saja. Tapi, siapa tahu  kedepannya mereka juga agresif. Who knows…


So, guys… Jika ingin hidupmu tenang dan jauh dari kekhawatiran, jangan download dan instal yang ilegal. Ada banyak tersedia software gratis (free) yang bisa kamu gunakan.

 

 

Advertisements

4 thoughts on ““Amankah” menginstal software bajakan di Jerman?

  1. Informatif. Jerman memang strict ya soal ini, kemarin denger cerita adiknya temen sekelas asal Jerman didenda 5000 euro gara-gara download game bajakan. Menyeramkan.

    Like

    • Iya. Banyak orang Jerman sendiri yang kena, bahkan anak-anak juga. Pernah ada berita, ada anak-anak yang kena denda karena download film anak bajakan pakai inet orang tuanya. Untung dendanya dikurangi karena baru satu film yang ditonton dan tidak tahu kalai itu link bajakan.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s