Mesin-mesin menakjubkan

Giessen an der Lahn – Jerman dikenal dengan kemajuan teknologinya. Inovator sekaligus pemakai teknologi yang handal. Kerjasama yang apik antara universitas, lembaga penelitian dan industri telah berhasil menciptakan mesin dan teknologi menakjubkan yang diakui dunia. Mesin yang diciptakan sedikit banyak menggambarkan sifat orang jerman yang pekerja keras, efisien, rapi dan terencana, dan menghargai alam. Berikut ini diantaranya yang sama temui secara langsung:

Mesin pengelupas aspal

Mesin ini digunakan untuk mengelupas aspal untuk mengganti sebagaian aspal yang rusak atau untuk pemasangan jaringan kabel dan pipa bawah tanah.

20170315-20170315_100718

Pengelupas aspal sedang beraksi di Giessen (Foto: Kurniawan, 2017)

Dari gambar di atas terlihat mesin (warna  merah) sedang bekerja mengelupas aspal. Aspal yang terkelupas dihancurkan dan kemudian disalurkan ke truk pengangkut (warna biru) untuk kemudian dibawa ke tempat daur ulang. Di sana, aspal didaur ulang dan kemudian digunakan untuk mengaspal jalan lainnya. Daur ulang aspal ini juga bertujuan agar sisa-sisa aspal yang terkelupas tidak mencemari tanah dan air di sekitarnya.

Mesin ini juga hemat tenaga kerja. Hanya diperlukan dua orang saja (operator dan sopir truk) untuk menyelesaikan misi.

Mobile crane

Tidak ada yang istimewa dari mesin ini. Di Indonesia juga ada. Namun, mesin ini hanya dioperasikan oleh dua orang, sopir dan operator. Pergerakannya juga lebih lembut. Truk nya lebih kecil tetapi memiliki jangkauaan crane yang lebih tinggi. Berbeda dengan di Indonesia yang bisa memerlukan 4-5 orang termasuk tukang pemberi aba-aba.

20170213_153240

Crane dan kru sedang bekerja di Pusat Kota Giessen (Foto: Kurniawan, 2016)

Mesin ini relatif kecil dan banyak digunakan untuk perbaikan atap dan jendela yang tinggi. Dengan beberapa modifikasi, alat ini juga bisa digunakan untuk mengangkut barang ke lantai atas.

Tangan Penebang Pohon

Mesin ini membuat saya takjub, karena mampu memotong/menebang pohon, membersihkan dahan dan ranting, dan kemudian memotongnya sesuai kehendak dalam jangka waktu kurang dari 1 menit. Memang jenis pohon yang dipotong adalah pohon yang berbatang lurus (seperti cemara) dan berukuran medium. Jenis pohon ini banyak tumbuh di hutan sekunder Jerman. Memang kelemahan “tangan robot” ini tidak bisa menebang pohon bercabang, seperti pohon oak misalnya. Aksinya bisa dilihat di video Youtube ini.

Penebang pohon (Foto: AYK)

Mesin penebang pohon, yang dipamerkan pada ajang Grünerwoche Berlin 2015 (Foto: Kurniawan, 2015)

Terlihat miris juga melihat pohon yang ditanam dan tumbuh bertahun-tahun habis dalam jangka waktu kurang dari 1 menit. Untunglah, Jerman termasuk ketat dalam menjaga alam lingkungan, sehingga menebang pohon pun harus melalui persyaratan yang cukup rumit dan ketat.

Pemangkas ranting

Bangaimana caranya untuk memangkas ranting sehingga terlihat ramping dan lurus? Jerman punya jawabannya, dengan menggunakan mesin khusus pemangkas ranting. Dengan demikian, ranting dapat dipangkas rapi dan lurus. Nampak indah bukan?

DSCN6551

Pepohonan yang terpangkas rapi di taman Schoenburn Palace, Vienna (Foto: Kurniawan, 2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s