Al-Quran dan Bible

Giessen an der Lahn – Ada studi yang menarik di website ReverbPress dan The Independent yang membandingkan antara bible (Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru) dan Al-Qur’an. Ada dua faktor yang diperbandingkan, yaitu kekerasan (violence) dan pengampunan (forgiveness).

Study yang dilakukan oleh Tom H.C. Anderson ini menggunakan software OdinText yang dikembangkannya. Software ini merupakan program analisis text yang mencermati kata dan frase spesifik. Dalam studi ini, berkaitan dengan emosi dan aksi, seperti: kemarahan, ketakutan, kegembiraan, penghancuran, dan pembunuhan.

Hasil studi ini sangat mengejutkan. Berdasarkan aspek kekerasan (violence), Perjanjian Lama memiliki lebih banyak dengan 5.5%, diikuti oleh Perjanjian Baru (2.8%) dan terakhir Al-Qur’an (2.1%).

Jika dilihat dari aspek pengampunan (forgiveness/merciful), Al-Qur’an memiliki frasa lebih banyak (6.3%), diikuti dengan Perjanjian Baru (2.9%) dan Perjanjian Lama (0.7%).

Namun, studi ini perlu diberi catatan:

  • Studi ini hanya membandingkan kuantitas dari kata dan frase yang berhubungan dengan kekerasan dan pengampunan.
  • Kitab yang digunakan adalah kitab terjemahan dan digunakan secara luas dan mudah di dapat. Untuk Al-Qur’an sendiri, yang digunakan adalah The Holy Qur’an (1917, 4th rev. ed. 1951) yang diterjemahkan oleh Maulana Muhammad Ali.
  • Pengumpulan data menggunakan unstructured data mining. Menurut Wikipedia, unstructured data merupakan data yang tidak terstruktur, tidak terdefinisi atau tidak terurut menurut kaidah tertentu. Akibatnya, akan sulit bagi program analisis teks tradisional untuk menganalisisnya. Data jenis ini biasanya banyak ditemui di dunia bisnis.
  • OdinText biasanya dipakai di bidang pemasaran untuk mengidentifikasi kata atau frase yang berhubungan dengan bisnis, marketing dan iklan. OdinText diklaim lebih baik dalam pengambilan data tidak terstruktur.

Sampai saat ini saya belum menemukan publikasi studi ini di jurnal ilmiah. Saya hanya menemukan di blog milik Andersen dan beberapa blog yang mengutipnya.

Namun, patut ditunggu kelanjutan dari studi ini ke depannya.

Advertisements

One thought on “Al-Quran dan Bible

  1. Info yang menarik nih

    Hasil studi ini sangat mengejutkan. Berdasarkan aspek kekerasan (violence), Perjanjian Lama memiliki lebih banyak dengan 5.5%, diikuti oleh Perjanjian Baru (2.8%) dan terakhir Al-Qur’an (2.1%).

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s