Bang Toyib Jerman

Frankfurt am Main - Benar-benar serasa jadi Bang Toyib yang 6 kali puasa dan 6 kali lebaran tidak pulang. Merasakan 6 kali puasa dan 6 kali lebaran di musim panas di Jerman. Banyak suka dan duka telah dilalui selama Ramadhan. Berjuang menahan haus dan lapar selama 18-19 jam di tengah teriknya matahari musim panas. Menahan … Continue reading Bang Toyib Jerman

Ramadhan Mubarak

Frankfurt am Main - Berjumpa lagi dengan bulan yang penuh berkah ini. Alhamdulillah.... ⁠⁠⁠⁠⁠بِسْــــــــــــــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم, Ya Allah, di awal bulan Ramadhan ini hamba kirimkan Do'a  untuk saudara-saudaraku, sahabat-sahabatku dan orang-orang yg kuhormati serta orang-orang yg tercinta dan tersayang. Semoga diberi kesehatan, tawadhu' dalam Iman, keluarga yg bahagia, Sakinah, Mawaddah wa Rahmah,  rizki yangg … Continue reading Ramadhan Mubarak

Energi sampah

Frankfurt an Main - Jerman termasuk negara yang terkenal dengan kebersihan kota-kotanya. Selain karena kedisplinan warganya, kebersihan kotanya ini juga berkat pengelolaan persampahan yang baik, mulai dari pemilahan sampah di level rumah tangga sampai pada pengelolaan akhir. Sampah di Jerman dipilah menjadi empat golongan, yaitu: sampah kemasan (tong sampah kuning), kertas (tong sampah biru), organik … Continue reading Energi sampah

Strategi pengemis di Jerman

Giessen an de Lahn - Tidak hanya Indonesia, Jerman juga memiliki masalah pengemis dan homeless (tuna wisma). Mereka berjuang untuk bertahan di kerasnya hidup di daerah urban. Meski tidak dapat dipungkiri bahwa hasil mengemis juga dipakai untuk minum-minum. Strategi yang digunakan pengemis di Jerman ini cukup unik untuk diamati. Kebanyakan pengemis menggunakan cara standar. Maksudnya … Continue reading Strategi pengemis di Jerman

Kok gitu? Unglaublich… Ok deh …. (5)

DISCLAIMER...!!! Tulisan ini hanya berdasarkan dari pengalaman dan pengamatan sepintas yang dangkal, serta cerita dari beberapa teman yang sudah lama menetap di Jerman. Ini tidak menggambarkan sifat orang Jerman dan Indonesia secara umum. Giessen - Dalam pergaulan dengan orang Jerman, ada beberapa hal yang membuat masing-masing dari kita hanya geleng-geleng kepala. Aturan membawa pisau Jerman … Continue reading Kok gitu? Unglaublich… Ok deh …. (5)

Wöchenmärkte

Giessen - Germany has tradition of Bauernmarkt (farmer market) or also known as Wöchenmärkte. This market can be found in every German cities. In Landkreis Giessen, at least 8 markets can be visited. Two in the city center of Giessen, and others are in Biebertal, Gruenberg, Hungen, Laubach, Lich, dan Krofdorf-Gleiberg. The market opens once … Continue reading Wöchenmärkte

Berpesta Gula di Jerman

Frankfurt am Main - Dulu, saya sering membaca dan mendengar kisah orang-orang yang telah menjalaninya di negara lain. Bagaimana suka duka mereka dan kerinduan terhadap suasana puasa dan lebaran di tanah air. Sungguh kisah-kisah yang luar biasa...!!! Seolah-olah hampir tak percaya, saya juga mengalaminya. Ini adalah lebaran ke-5 saya di Jerman. Sekaligus 5 kali menjalani … Continue reading Berpesta Gula di Jerman

26 tahun tradisi Stadt-iftar di Giessen

Giessen an der Lahn - Tahun 2016 ini, sudah 26 tahun komunitas Islam di Giessen mengadakan jamuan buka puasa bersama (Stadt-iftar). Tradisi ini telah menjadi tradisi yang tidak terpisahkan dari Kota Giessen. Dikutip dari euturkhaber,tradisi ini sudah dimulai sejak Ramadhan pada April 1990, dengan mulai mengundang komunitas dan kelompok relijius non-muslim. Meski pada awalnya timbul … Continue reading 26 tahun tradisi Stadt-iftar di Giessen

Pengajian Pemuda Ganteng sponsori Bukber di Masjid Indonesia Frankfurt

"Barangsiapa yang memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun” (HR. At Tirmidzi) Frankfurt am Main - Jika biasanya mahasiswa berburu takjil lewat PPT, maka kali ini (23.06.2016) mahasiswa yang tergabung dalam PPG (Pengajian Pemuda Ganteng) Giessen menjadi … Continue reading Pengajian Pemuda Ganteng sponsori Bukber di Masjid Indonesia Frankfurt

Ramadan Mubarak … !

O you who believe! Fasting is prescribed for you as it was prescribed for those before you, that you may attain Taqwa (God-consciousness). — The Qur’an, Al-Baqarah:183 Alhamdulillah wa syukurilah... !!! Berjumpa lagi dengan bulan yang penuh hikmah di Benua Biru ini. Bersiap dan ... Berjuang lagi dengan haus dan lapar selama 19 jam seperti … Continue reading Ramadan Mubarak … !