Kok gitu? Unglaublich… Ok deh …. (6)

DISCLAIMER...!!! Tulisan ini hanya berdasarkan dari pengalaman dan pengamatan sepintas yang dangkal, serta cerita dari beberapa teman yang sudah lama menetap di Jerman. Ini tidak menggambarkan sifat orang Jerman dan Indonesia secara umum. Giessen - Dalam pergaulan dengan orang Jerman, ada beberapa hal yang membuat masing-masing dari kita hanya geleng-geleng kepala. Surat Izin Mengemudi Di … Continue reading Kok gitu? Unglaublich… Ok deh …. (6)

Menggeliatnya eksekutif muda pertanian

Giessen an der Lahn - Hampir semua perekonomian suatu bangsa di dunia ini bermula dari pertanian. Bisa dikatakan bahwa pertanian adalah fondasi awal dari ekonomi setiap negara. Namun, semakin majunya perekonomian suatu  negara, semakin pula pertanian terpinggirkan. Kontribusi pertanian terhadap GDP akan semakin menurun, sehingga tiba di suatu titik bahwa pertanian perlu diselamatkan. Inilah yang … Continue reading Menggeliatnya eksekutif muda pertanian

Artikel itu untuk dibagi, meski masih berbentuk draft

Giessen an der Lahn - Tepat tahun lalu, 2 Maret 2016, tiba-tiba dapat kiriman email dari seseorang yang bernama Prof. John Komlos yang menawarkan dan mengomentari draft manuskripnya yang berjudul "Growth of Income and Welfare in the U.S, 1979 - 2011". Siapa dia? Jangan-jangan jebakan betmen soalnya dikirim ke private email. Setelah Googling, ketemu nih … Continue reading Artikel itu untuk dibagi, meski masih berbentuk draft

Menelurusi Jejak-Jejak Hubungan Indonesia-Jerman

Giessen an de Lahn - Secara formal, hubungan Indonesia-Jerman resmi dimulai sejak hubungan diplomatik dengan Jerman Barat dibuka melalui pembukaan Perwakilan RI di Bonn di tahun 1952. Indonesia juga menjalin hubungan diplomatik dengan Jerman Timur di tahun 1976. Setelah re-unifikasi Jerman (dimana Indonesia merupakan salah satu pendukungnya), hubungan antara kedua negara makin meningkat; tidak hanya … Continue reading Menelurusi Jejak-Jejak Hubungan Indonesia-Jerman

Strategi pengemis di Jerman

Giessen an de Lahn - Tidak hanya Indonesia, Jerman juga memiliki masalah pengemis dan homeless (tuna wisma). Mereka berjuang untuk bertahan di kerasnya hidup di daerah urban. Meski tidak dapat dipungkiri bahwa hasil mengemis juga dipakai untuk minum-minum. Strategi yang digunakan pengemis di Jerman ini cukup unik untuk diamati. Kebanyakan pengemis menggunakan cara standar. Maksudnya … Continue reading Strategi pengemis di Jerman

Menjadi pengungsi di Jerman gara-gara bom…

Giessen an der Lahn -Pengungsi adalah seseorang atau sekelompok orang yang meninggalkan suatu wilayah guna menghindari suatu bencana atau musibah. Tak disangka, sepertinya saya akan mengalami sendiri "penderitaan" sebagai pengungsi. Hal ini karena pada tanggal 5 Desember 2016 lalu, ditemukan Fliegerbombe (bom serangan udara) sisa Perang Dunia II seberat 250 kg di persimpangan Leihgesternerweg dan … Continue reading Menjadi pengungsi di Jerman gara-gara bom…

Kok gitu? Unglaublich… Ok deh …. (5)

DISCLAIMER...!!! Tulisan ini hanya berdasarkan dari pengalaman dan pengamatan sepintas yang dangkal, serta cerita dari beberapa teman yang sudah lama menetap di Jerman. Ini tidak menggambarkan sifat orang Jerman dan Indonesia secara umum. Giessen - Dalam pergaulan dengan orang Jerman, ada beberapa hal yang membuat masing-masing dari kita hanya geleng-geleng kepala. Aturan membawa pisau Jerman … Continue reading Kok gitu? Unglaublich… Ok deh …. (5)

Wöchenmärkte

Giessen - Germany has tradition of Bauernmarkt (farmer market) or also known as Wöchenmärkte. This market can be found in every German cities. In Landkreis Giessen, at least 8 markets can be visited. Two in the city center of Giessen, and others are in Biebertal, Gruenberg, Hungen, Laubach, Lich, dan Krofdorf-Gleiberg. The market opens once … Continue reading Wöchenmärkte

Kok gitu? Unglaublich… Ok deh …. (4)

DISCLAIMER...!!! Tulisan ini hanya berdasarkan dari pengalaman dan pengamatan sepintas yang dangkal, serta cerita dari beberapa teman yang sudah lama menetap di Jerman. Ini tidak menggambarkan sifat orang Jerman dan Indonesia secara umum. Giessen - Dalam pergaulan dengan orang Jerman, ada beberapa hal yang membuat masing-masing dari kita hanya geleng-geleng kepala. Sekolah adalah WAJIB Bersekolah … Continue reading Kok gitu? Unglaublich… Ok deh …. (4)

Berpesta Gula di Jerman

Frankfurt am Main - Dulu, saya sering membaca dan mendengar kisah orang-orang yang telah menjalaninya di negara lain. Bagaimana suka duka mereka dan kerinduan terhadap suasana puasa dan lebaran di tanah air. Sungguh kisah-kisah yang luar biasa...!!! Seolah-olah hampir tak percaya, saya juga mengalaminya. Ini adalah lebaran ke-5 saya di Jerman. Sekaligus 5 kali menjalani … Continue reading Berpesta Gula di Jerman